Syarat Gadai BPKB Mobil | Adira Finance Hubungi WA 0858 5003 3728

Syarat Gadai BPKB Mobil1

Syarat Gadai BPKB Mobil

Syarat Gadai BPKB Mobil itu apa saja ya? Suatu ketika saya pernah mendengar orang menanyakan pada temannya seperti itu.

Syarat Gadai BPKB Mobil, tentunya sederhana saja. Yang pertama mobil yang akan kita gadaikan tentunya mobi yang secara hukum legal ya kawan.

Syarat Gadai BPKB Mobil di Adira Finance adalah, BPKB mobil yang akan dijadikan sebagai jaminan berusia tidak lebih dari 12 tahun sampai dengan akhir tenor. Dengan kata lain jika sekarang tahun 2022 maka maksimal BPKB mobil yang bisa dijaminkan adalah mobil keluaran tahun 2012 Up.

Syarat Gadai BPKB Mobil ini bisa di tanyakan kepada representative marketing kami di nomor handphone atau WA 0858 5003 3728. Dengan menghubungi nomor tersebut customer langsung mendapatkan informasi yang sangat detail mengenai layanan pegadaian BPKB di Adira Finance.

Peruntukan dan Fakta Gadai BPKB Mobil

Tidak dapat dipungkiri selama ini banyak masyarakat menjaminkan asetnya berupa BPKB. Mengapa BPKB, dan bukan sertifikat ruamah atau tanah?

Dikarenakan BPKB kendaraan bermotor bersifat sangat liquid. Ketika seseorang memerlukan dana untuk keperluannya, maka yang paling cepat didapatkan adalah dengan menggadaiakan BPKB kendaraanya.

Fakta yang ada pada masyarakat modern adalah bisnis tidak luput dari factor pendanaan. Banyak sekali pengusaha dan pedagang di luar sana yang bisa mendapatkan order atau proyek dalam bisnisnya.

Tetapi terkadang order dan pesanan yang didapatkan tidak didukung dengan kemampuan financial yang cukup dari dirinya. Sehingga pengusaha atau pedagang tersebut mencari cara cepat untuk mengerjakan proyeknya agar bisa selesai dengan cepat.

Karena order atau project yang didapatkan oleh bisnisman biasanya mempunyai tenggang waktu yang terbatas, maka biasanya mereka mencari pendanaan dengan cara yang sangat cepat yakni menggadaikan BPKB kendaraanya.

Lain halnya dengan pengusaha yang mempunyai kolateral di perbangkan. Kolateral tersebut bisa sewaktu-waktu di cairkan ketika pengusaha tersebut memerlukan uang.

Syarat Gadai BPKB Mobil2

BACA JUGA : Tempat Gadai BPKB Terdekat | Adira Finance Hubungi 0858 5003 3728

Mengapa Gadai BPKB Bukan Sertifikat Tanah atau Rumah Saja?

Benar sekali, pertanyaan tersebut sangat tepat dan berikut akan kami bahas secara sepintas mengenai perbedaan antara menggadaikan BPKB dan sertifikat.

Perbedaanya adalah, jika seseorang menggadaikan BPKB kendaraan bermotor, maka proses yang ditempuh akan sangat singkat. Apalagi mengajukannya di Adira Finance.

Di Adira Finance calon nasabah akan dimanjakan oleh management Adira Finance dengan system proses kemudahan yang sudah direncanakan secara maximal.

Proses Pengajuan Pinjaman dengan Jaminan BPKB di Adira Finance

Bagaimana cara Adira Finance memanjakan calon nasabahnya? Caranya yaitu dengan hanya menghubungi nomor telfon atau WA 0858 5003 3728, maka admin marketing akan segera melayani kebutuhan financial calon nasabah.

Dengan menghubungi nomor tersebut, calon nasabah akan di buatkan simulasi pinjaman dan di proses dengan waktu yang sangat singkat.

Calon nasabah tidak perlu repot pergi ke kantor Adira Finace. Data dan persyaratan yang diwajibkan akan di jemput oleh petugas. Survey dilakukan di rumah calon nasabah.

Jika di ACC maka baru calon nasabah tersebut diundang ke kantor Adira Finance terdekat guna tandatangan surat perjanjian kontrak dan serah terima BPKB.

Proses pencairan untuk jaminan BPKB mobil akan dilaksanakan dengan cara transfer di nomer rekening yang telah disetorkan. Sedangkan proses pencairan dana untuk jaminan BPKB motor akan di laksanakan secara tunai atau bisa juga di transfer.

Hal tersebut tentunya akan sangat jauh berbeda jika calon nasabah mengajukan permohonan pinjaman dana di Bank atau lembaga pembiayaan dengan jaminan sertifikat rumah atau  tanah.

Proses Pengajuan Pinjaman dengan Jaminan Sertifikat Rumah atau Tanah di Bank atau Lembaga Pembiayaan

Dalam pelaksanaan pengajuan pinjaman dana dengan jaminan sertifikat rumah atau tanah, pihak calon nasabah harus datang terlebih dahulu ke kantor bank atau lembaga pembiayaan.

Didalam pengajuannya pun biasanya akan mengalami proses yang cukup panjang dan memakan biaya yang lumayan banyak.

Setelah pemohon datang ke kantor bank atau lembaga pembiayaan maka akan di schedule kan jadwal surveynya. Jadwal survey ini bisa kita tunggu berhari-hari dan mengeluarkan biaya dulu.

Biaya appraisal terhadap obyek yang akan kita jaminkan ditanggung sendiri oleh pihak calon nasabah. Sehingga calon nasabah dalam proses pengajuan pinjaman saja sudah terbebani biaya.

Setelah proses survey maka akan  dikabari tentang hasil analisa dari survey yang sudah dilakukan. Calon pemohon menunggu proses tersebut akan memerlukan waktu yang lumayan lama bisa 2 minggu hingga 4 minggu.

Baru setelah proses analisa yang dilakukan oleh pihak bank atau lembaga pembiayaan selesai dan calon nasabah dinyatakan layak untuk mendapatkan pinjaman, maka calon nasabah diundang untuk proses akad kredit.

Proses akad kredit ini biasanya di kantor bank itu sendiri atau bisa juga di tempat notaris yang telah ditunjuk atau notaris rekanan bank atau lembaga pembiayaan yang bersangkutan.

Setelah akad kredit dan penandatanganan kontrak selesai, maka baru dana pinjaman yang diajukan bisa dicairkan melalui transfer di nomor rekening yang telah di daftarkan.

Segala biaya yang ditimbulkan oleh proses pengajuan pinjaman ini akan di bebankan kepada nasabah semuanya. Banyak biaya yang menjadi beban diantaranya biaya appraisal, profisi bank, biaya notaris, dan lain-lain.

Dari kesimpulan tersebut diatas, di simpulkan akan lebih cepat proses pinjaman dana dengan jaminan BPKB dari pada pinjaman dana dengan jaminan sertifikat rumah atau tanah.

Sangat jelas sudah apa yang kami sampaikan tersebut. Sehingga mengapa terkadang seorang pebisnis lebih suka memiliki kendaraan bermotor, tak lain alasannya adalah aset tersebut sangatlah liquid. Selain itu juga sangat menunjang performa kerja dalam menjalankan bisnisnya.

BACA JUGA : Gadai BPKB di Pegadaian | Adira Finance Hubungi WA 0858 5003 3728

Lalu Apa Saja Syarat Gadai BPKB Mobil yang Harus Disiapkan Untuk Pengajuan Dana Pinjaman?

Berikut adalah syarat pengajuan pinjaman dana dengan jaminan BPKB mobil :

  1. Foto copy KTP pemohon dan foto copy KTP penjaminnya. Jika sudah menikah sebagai penjamin adalah istri. Tetapi jika belum menikah sebagai penjamin adalah orang tua calon nasabah.
  2. Jika calon nasabah adalah sudah bercerai, maka dianggap sebagai pemohon tunggal.
  3. Nota asli bukti bayar PBB, listrik atau PDAM.
  4. Jika status rumah adalah masih berstatus kontrak, maka wajib melampirkan Surat Perjanjian Kontrak nya.
  5. Jika calon nasabah berprofesi sebagai karyawan, maka wajib melampirkan slip gaji atau surat keterangan penghasilan dari perusahaan. Atau bisa juga melampirkan buku rekening tabungan jika penggajian oleh perusahaan melalui payroll.
  6. Jika calon nasabah berprofesi sebagai wirausaha, maka wajib melampirkan SKU (Surat Keterangan Usaha) biasanya berupa Surat Izin Usaha yang terbitkan oleh Dinas yang terkait.
  7. Foto copy NPWP.
  8. Menyertakan foto copy buku tabungan.

Tersebut di atas adalah persyaratan yang harus dipenuhi jika seorang calon nasabah mobil ingin mengajukan pinjaman dana dengan jaminan BPKB mobilnya.

Usia Kendaraan Yang Akan Diajukan Sebagai Jaminan.

Batas usia kendaraan yang akan dijadikan sebagai jaminan adalah :

Usia Mobil Penumpang maximal Usia 12 tahun sampai akhir tenor. Misalnya saat ini tahun 2022 maka untuk mobil yang dapat dijaminkan adalah :

Tenor Mobil Penumpang

(12 tahun sampai akhir tenor kredit)

  • Tahun 2011 max tenor 1th
  • Tahun 2012 max tenor 2th
  • Tahun 2013 max tenor 3th
  • Tahun 2014 max tenor 4th

Usia Motor misalnya saat ini tahun 2022 maka untuk mobil yang dapat dijaminkan adalah :

Tenor Motor

(10 tahun sampai akhir tenor kredit)

  • Tahun 2013 max tenor 1th
  • Tahun 2014 max tenor 2th
  • Tahun 2015 up, Tenor 3th

Usia Mobil Niaga : PickUp dan Truck, misalnya saat ini tahun 2022 maka untuk mobil yang dapat dijaminkan adalah :

Tenor Mobil Niaga : PickUp dan Truk

(10 tahun sampai akhir tenor kredit)

  • Tahun 2013 max tenor 1th
  • Tahun 2014 max tenor 2th
  • Tahun 2015 max tenor 3th
  • Tahun 2016 max tenor 4th

Syarat Gadai BPKB Mobil3

Selain persyaratan tersebut sebenarnya masih ada beberapa ketentuan yang akan mempengaruhi nilai pencairan dari kendaraan yang akan di jaminkan.

Lalu apa saja yang wajib kita siapkan ketika proses survey dilakukan oleh petugas Adira Finance? Baiklah, berikut adalah hal-hal yang perlu kita siapkan sebelum proses survey.

  1. Pastikan 8 item dokumen tersebut diatas sudah disiapkan.
  2. Selain itu siapkan juga faktur kendaraan bermotor yang akan di jaminkan tersebut. Biasanya dokumen itu berada bersama BPKB kendaraan. Faktur adalah dokumen mandatori wajib yang harus ada. Bagaimana jika Faktur kendaraan tersebut tidak ada? Pengaruhnya adalah pada nilai pencairan dananya. Tentunya dana yang akan di cairkan akan turun.
  3. Upayakan keadaan fisik dan kelengka[an kendaraan yang akan dijaminkan dalam kondisi standar seperti sedia kala ketika keluar dari dealer. Head lamp, kaca spion, lampu seign dan lain sebagainya dalam keadaan ada dan berfungsi secara normal. Apa yang terjadi jika kendaraan dalam keadaan tidak normal? Tentu saja, nilai appraisalnya akan turun.
  4. Dalam proses interview dengan pihak petugas survey di upayakan semaksimalnya rasional. Terutama dalam menjawab pertanyaan tentang penghasilan. Jika karyawan, mohon diingat biasanya pihak bank/lembaga pembiayaan akan menganalisa besarnya pendapatan harus lebih besar dari pada angsuran bulanan yang di tanggungnya. Minimal jumlah gaji adalah 2x jumlah angsuran yang diajukan. Atau idealnya adalah jumlah gaji adalah 3x jumlah angsuran bulanan.

Banyak sekali orang yang kurang faham dalam menyiasati supaya nilai pencairan kendaraan yang diajukannya bisa maksimal. Maka dari itu sedikit kami bahas agar calon nasabah yang mengiginkan pencairan tinggi bisa mempersiapkan diri dalam pengajuan pinjaman dananya.

Apakah Adira Finance hanya menerima pinjaman dana dengan jaminan BPKB mobil saja? Tidak seperti itu, tentunya Adira Finance juga menerima pengajuan dana dengan jaminan BPKB Motor. Lalu apakah sama persyaratan yang diajukan oleh pemohon dengan jaminan BPKB mobil dan Motor?

Jawabannya adalah hampir sama. Hanya saja, pemohon pinjaman dana dengan jaminan BPKB motor tidak wajib melampirkan NPWP dan copy buku tabungan.

Perbedaan syarat lainnya adalah jika wirausaha, pemohon pinjaman dana dengan jaminan BPKB mobil wajib melampirkan juga legalitas usahanya, yang bisa di ambilkan dari SKU (Surat Keterangan Usaha). Bisa juga SIUP, TDP dan legalitas lainnya.

Sedangkan bagi calon nasabah yang mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB Motor, jika tidak mempunyai SKU bisa menunjukkan lapak / kios / toko tempat jualannya dan nota-nota yang dapat menyatakan cash flow keuangannya.

Setelah kami sampaikan ulasan yang detai tersebut, tunggu apa lagi? Bagi Anda pemegang BPKB kendaraan jika persyaratan yang di tentukan diatas bisa terpenuhi segera langsung menghubungi kami.

Dimana Kami bisa di hubungi? Tentu saja di nomor telefon atau WhatsApp 0858 5003 3728. Mudah bukan?

UNTUK SEGALA KEPERLUAN FINANCIAL ANDA JANGAN RAGU LAGI, ADIRA FINANCE SELALU MENDAMPINGI.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Butuh bantuan?
Halo 👋
Ada yang bisa dibantu?